TULUNGAGUNG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim, meninjau Kampung Tangguh di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Minggu (7/6/2020). Desa ini menjadi proyek percontohan Kampung Tangguh. Karena aksi percepatan penanganan Covid-19 sekaligus upaya edukasi kepada masyarakat sekitar berjalan massif. Bayangkan saja, dari semula terdapat 122 ODP, 3 PDP dan 2 terkonfirmasi positif, Kampung Tangguh Desa Bolorejo mampu membuktikan diri menjadi kawasan zero Covid-19. 

Dilansir dari timesindonesia.co.id, Desa Bolorejo juga merupakan satu-satunya Kampung Tangguh di Jatim yang memiliki posko digital. Posko ini terhubung dengan command center Pos Digital Astuti Kampung Tangguh Polres Tulungagung. Masyarakat bisa melakukan pengaduan dan konsultasi selama 24 jam. Kehadiran posko ini disinyalir mampu memutus tali birokrasi yang panjang, sehingga penanganan ketika terjadi masalah, menjadi lebih cepat.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol M Fadil Imran mengungkapkan bahwa respon untuk mendirikan Kampung Tangguh begitu luar biasa. Masing-masing daerah memiliki kreativitas dan inovasi. Agar mampu menekan laju Covid-19 dan mengeliminir dampak sosial. “Paling penting subtansi kegiatan itu terlaksana dengan baik. Pos Digital Astuti mudah-mudahan bisa dikombinasikan semakin luas, karena bagaimanapun Covid-19 tidak akan hilang tapi kita tetap bisa produktif dengan hidup disiplin dan sehat,” ungkap Kapolda Jatim.

Berdasarkan laporan Kapolres Tulungagung, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tulungagung aktif melaksanakan patroli tiga pilar di warung-warung kopi, mengimbau agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Membagikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak, melakukan rapid test di pasar maupun swalayan, pemberian vitamin. Serta memaksimalkan one gate system sampai melibatkan seluruh stake holder dan tenaga ahli. Sehingga mendukung Kampung Tangguh Semeru Desa Bolorejo sukses  menekan laju Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here