MALANG – Memasuki era new normal ditengah wabah pandemi covid-19, masyarakat pun mulai menyiapkan diri dan lingkungan dengan berbagai macam cara. Termasuk membentuk kampung tangguh, industri tangguh, wisata tangguh, pasar tangguh dan kantor tangguh. Termasuk pula *Grand Palace Hotel* Malang, yang menyiapkan sejumlah fasilitas “Hotel Tangguh” untuk mendukung protokol kesehatan, guna menyambut tamu atau pengunjung yang akan menginap disana. Bahkan bisa dibilang, kesiapan atau protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak manajemen, untuk mencegah penyebaran covid-19 sudah sangat memadai. Seperti adanya tempat cuci tangan sebelum tamu memasuki loby hotel. Kemudian petugas front office yang memakai face shield, masker dan sarung tangan, memeriksa suhu tubuh pengunjung dan mengarahkan ke resepsionis. 

Tak cukup sampai disitu, pembatasan jarak bagi tamu yang akan melakukan reservasi di resepsionis pun diberlakukan. “Selain pembatasan jarak 1 meter, di meja resepsionis juga kami pasang kaca pembatas dan hand sanitidzer”, terang Sales Marketing *Grand Palace Hotel* Arik Abadi. Bahkan untuk mengisi data tamu dan riwayat kesehatan, pihak hotel menyiapkan nomor WA yang bisa di klik oleh tamu dan mengisi data melalui akses google drive, yang link nya dikirim melalui WA. 

Usai reservasi, tamu pun harus di check suhu tubuh lagi untuk yang kedua kali nya. “Kami lakukan itu, untuk meminimalisir kesalahan tools thermogun. Mungkin pas dilakukan pemeriksaan ada alat yang baterainya mau habis atau hal teknis lainnya. Semua ini kami lakukan juga semata- mata untuk kenyamanan dan kesehatan tamu selama menginap disini”, jelas Arik lagi. Nah, bila didapati ada tamu yang suhunya melebihi ambang batas, pihak hotel telah menyiapkan ruang isolasi mandiri sementara. “Ada petugas satgas covid yang telah mendapatkan pelatihan penanganan pasien sementara, dengan memakai APD lengkap. Selanjutnya kita berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yaitu RST Soepraoen untuk mengevakuasi pasien kesana”, urai Arik.

Ada dua orang petugas satgas covid yang standby setiap hari bertugas. Selain itu, semua karyawan hotel yang bertugas juga memakai face shield, masker dan sarung tangan. “Di setiap kamar juga kami sediakan hand sanitidzer, dan meja di ruang makan atau kantin juga telah kami atur physical distancing nya. Semuanya kami siapkan sesuai SOP, namun tetap mengutamakan pelayanan yang ramah dan maksimal bagi para tamu demi kenyamanan dan kesehatan bersama untuk mencegah penyebaran covid-19, sesuai himbauan pemerintah”, pungkasnya. 

Tak heran, dengan persiapan yang begitu lengkap dan memadai, *Grand Palace Hotel* yang mengusung konsep Klasik Eropa tersebut, layak disebut *Hotel Tangguh*. Serta sangat direkomendasikan bagi tamu atau wisatawan yang ingin menginap dan berkunjung di Kota Malang. Karena selain suasana hotel yang begitu tematik, lokasinya yang berada di tengah kota juga sangat strategis dan dekat dengan alun-alun serta pusat perbelanjaan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here